Saturday, June 11, 2016

Ikan Terperangkap Dalam Perut Obor-Obor Tapi Masih Hidup


Desember lalu, fotografer Tim Samuel dan Franny Plumridge menyaksikan kejadian ganjil ketika sedang  freediving di Teluk Byron, lepas pantai di timur Australia. Samuel lantas memotret momen tersebut: seekor ikan warna kuning terjebak di dalam ubur-ubur transparan.  Ia menunggah foto tersebut ke akun Instagramnya.

“Saya menemukan seekor ikan di dalam ubur-ubur! Dia terperangkap di dalam, tetapi mengendalikan kemana ubur-ubur bergerak,” tulis Samuel di Instagram.

Foto tersebut menjadi viral ketika diunggah ulang oleh akun DiscoverOcean. Selain Instagram, Samuel juga mengunggah foto tersebut di Reddit, dan dua kali masuk dalam daftar terpopuler.

Selama bertahun-tahun menjadi fotografer kehidupan laut, Samuel mengaku belum pernah melihat kejadian serupa sebelumnya. Ekor ikan berada di bagian luar ubur-ubur, sehingga mampu membuat kedua makhluk itu bergerak. Lebih dari 20 menit Samuel dan Plumridge menyaksikan dengan penuh kekaguman dan penasaran duo tersebut terhuyung-huyung dan berenang berputar-putar. Ikan membuat ubur-ubur kehilangan keseimbangan, mendorongnya dari satu sisi ke sisi yang lain. Pada satu titik, duo tersebut pun berhenti bergerak.

“Saya belum pernah melihat hal semacam ini sebelumnya,” kata Samuel.

Setelah memotret kejadian unik itu, Samuel dan Plumridge meninggalkan ikan dan ubur-ubur itu untuk memotret penyu.

“Saya tentu saja berpikir untuk membebaskan ikan,” ungkap Samuel kepada CNN, “tetapi akhirnya saya memutuskan untuk membiarkan alam yang bekerja.”

No comments:

Post a Comment